Rabu, 02 Februari 2011

Cara menggambar di autocad untuk pemula

Untuk para drafter autocad yang masih pemula seperti saya :), yang lagi belajar autocad (aku menggunakan cad 2006 ). Ada beberapa cara yang sering saya lakukan dalam mempelajari berbagai artikel tentang autocad, yaitu :



1. Merubah mtext pada autocad jadi single text.
Sering jika masih awal belajar tentang cad ribet jika tiap menulis pakai mtext dan tidak praktis. Lebih baik pakai single text saja agar lebih cepat, caranya anda buat text style lebih dulu agar keren dan sexy banget, tetapi baaimana jika telah terlanjur pakai mtext, jangan terlalu dipikirkan. Itu mudah sekali :) Anda ledakin saja (maksud saya anda xplode) bagian mtext, otomatis nanti yang sebelumnya mtext akan berubah ke single text.


2. Merubah text pada dimensi autocad.
Untuk drafter autocad yang sering rusuh-rusuhan, Sering kali tidak sempat buat edit gambar pada autocad, tips mudah autocad-nya adalah ubah dimensi ukuran pada autocad anda. Cara lebih praktis selain melakukan ledakan ialah melalui jendela properties, anda tekan Ctrl + 1, kemudian akan muncul jendela properties, kemudian klik  dimensi yang ingin anda ubah, lalu anda cari text override pada jendela properties, selanjutnya ganti angka yan tertera disana. Nanti jika anda ingin ubah gambarnya atau mau hapus text override, Anda dapat lakukan kapanpun anda mau.


Sekian dulu tips belajar autocad, untuk tutorial cad akan datang ditunggu ya
sedikit tips dan trik Autocad dari saya :


1. Buka program Autocad anda (wajib) buat contoh di sini, saya pakai  Autocad 2006.


2. Create new files


3. Nah, setelah terbuka, klik pada Tab Menu Tools, pilih Customize, pilih Edit Program Paramaters (acad.pgp).


4. Keluar window Notepad yang berisi sekumpulan atau sederet External Command and Command Alias Definitions. Lebih baik anda save as aja dulu kali yah.


5. Edit sekumpulan atau sederetan command sesuai dengan selera masing - masing.


Segitu gampangnya belajar autocad kan?


Bagaimana belajar autocad-nya? bergunakah informasi ini untuk kalian para pengguna Autocad atau yang baru belajar autocad? Jadi, nanti jangan heran ketika menggambar dengan autocad milik orang lain, atau perusahaan baru dan menemukan hal di atas. Yah, tinggal rubah aja sesuai keinginan kita. Iya tidak? Ok, sekian dulu tentang Edit Program Parameters belajar autocad.

1 komentar: